Rabu, 17 September 2008

Mas Antonius Wiwan tentang Sisdiknas

Friday, September 12, 2008 1:19 AM

Salam untuk semuanya...
Saya juga tertarik dengan pembahasan mengenai Sistem Pendidikan Nasional...
Satu hal positif yang kita bisa lihat adalah bahwa dengan terminologi "Sistem Pendidikan Nasional" sebetulnya arahnya sudah baik juga ya, yaitu men-sistem-kan kebijakan dan penyelenggaraan pendidikan.

Dari diskusi dengan narasumber di Depdiknas, satu poin yang mengemuka adalah bahwa Depdiknas memang sedang berusaha untuk mengusahakan terciptanya suatu sistem dalam kebijakan pendidikan, ini untuk mencegah "tradisi" di negara kita, yaitu ganti Menteri, ganti kebijakan. Konon, diharapkan, dengan mekanisme legal formal, yaitu dari UU Sisdiknas, dengan turunan-turunan produk-produk Peraturan perundangan lanjutannya, diharapkan penyelenggaran pendidikan nasional dapat berjalan dalam suatu koridor yang sistematis, dan berstandar nasional.

Permasalahannya dan yang menjadi concern kita semua adalah, bagaimana penyusunan dan penetapan substansi sistem dan turunan teknis pelaksanaanya itu, supaya dapat optimal menuju penyelenggaraan pendidikan nasional yang sebaik-baiknya. ..

Menarik dan pasti bermanfaat, apabila dari komunitas Psikologi Indonesia juga dapat berkontribusi sesuai kapasitasnya ya...

Salam,
Antonius Wiwan Koban
Peneliti The Indonesian InstituteAlumnus F.Psi Atma Jaya '95.

Tidak ada komentar: